PERPUSTAKAAN UNSYIAH BIKIN MELAMBUNG UNIVERSITAS.

Gambar Pustaka Unsyiah, Doc. Pribadi
Pustaka Unsyiah adalah salah satu gedung ilmu di lingkungan Unsyiah yang sangat berkompeten. Gedung ini mendapat seribu pujian dari pengunjung berbagai civitas akademika. Betapa tidak, sekarang pustaka ini mendapat akreditasi A. Prestasi ini jelas dinilai karena perubahan yang terjadi dari masa ke masa.
Sedikit bernostalgia.
Dulu, sistem peminjaman buku masih menggunakan sistem manual, internet terbatas, (hanya tersedia beberapa kabel LAN), dan tidak ada ruang baca khusus untuk akhwat atau ikhwannya. Apalagi, untuk memasuki gedung ini, terlebih dahulu barang ditempatkan di loker, sehingga tak sedikit pengunjung merasa kerepotan.
Sekarang, semua pelayanan dengan online/mandiri. Perpanjangan buku misalnya, yaitu harus memiliki aplikasi yang namanya Uilis Mobile. Cukup dengan beberapa klik saja. Beres.
Seiring berjalannya waktu, setiap perubahan semakin bertubi-tubi. Pustaka ini sudah menyediakan ruang diskusi tambahan, khusus untuk para akhwat dan ikhwan yang masing-masing terpisah. Ruang kreativitas seni yang aktif setiap Rabu siang serta adanya Libri Cafe yang mampu menyihir pengunjung menetap karena aroma kopinyaJ.
Gedung multifungsi ini telah lama menjadi saksi  seminar yang diadakan oleh mahasiswa Unsyiah atau umum (dengan syarat konfirmasi dan kerja sama) tentunya.
Selain menyediakan buku fasilitas e-books dan berbagai dokumen yang dapat diunduh. Pustaka Unsyiah juga memberikan hadiah bagi peminjam buku terbanyak (Frequent Borrower Awards) yang terhitung sejak enam bulan sekali.
Inovasi (tata rias dan letaknya) yang baru membuat suasana menjadi nyaman. Apalagi akses internetnya yang cepat dan pastinya gratis.
Saya percaya, bentuk perubahan ini adalah wujud peningkatan mutu pendidikan dan untuk sebuah nama Unsyiah di mata publik, (katanya selama ini dipandang sebelah mata). Di samping berbagai kompetensi lainnya yang dimiliki Unsyiah.
Pak Rektor Unsyiah juga sangat mengapresiasi tahapan kemajuan UPT. Pustaka Unsyiah. “Keberhasilan Pustaka Unsyiah dapat menjadi pemicu bagi kemajuan dan perkembangan bidang-bidang lain di Unsyiah,” pungkas beliau pada penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 oleh PT TUV Rheindland Indonesia dua tahun yang lalu, (Okezone.com/senin,13/07/2015).
Kemewahan Pustaka Unsyiah Sekarang

Comments